Panduan

Panduan Perencanaan Perkebunan Berkelanjutan Daerah berbasis Pendekatan Yurisdiksi

Disusun lebih mendalam dari sudut pandang komoditas kelapa sawit yang terdiri dari lima bagian (bab) yaitu (i) Latar Belakang & Landasan; (ii) Identifikasi, Inventarisasi dan Analisa Data; (iii) Perencanaan ; (iv) Rencana Aksi & Implementasi dan; (v) Pemantauan, Evaluasi & Pembinaan

Bab I: Latar Belakang & Landasan

Pada Bab I Pendahuluan berisi latar belakang dibuatnya panduan perencanaan perkebunan berkelanjutan ini, empat prinsip-prinsip pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan dan lima tahapan teknis penyusunan perencanaan, konsep perencanaan menggunakan pendekatan yurisdiksi, konsep dan tantangan daerah, kedudukan pedoman dalam enam kebijakan pengelolaan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan lainnya, integrasi perencanaan, serta kerangka dan struktur pedoman.

Bab II. Identifikasi, Inventarisasi dan Analisa Data

Pada Bab II Pedoman Identifikasi, Inventarisasi dan Analisis Data berisi prinsip kunci yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan data, empat aspek dalam Pengembangan ‘Baseline Data’ dan penjelasan tentang variabel, jenis, tipe, tahun, dan sumber data.

Bab III. Proses Penyusunan Perencanaan

Bagian ketiga dari panduan ini menjelaskan tentang proses perencanaan perkebunan berkelanjutan daerah khusus komoditas kelapa sawit yang meliputi perumusan permasalahan, visi & misi, tujuan dan sasaran, serta arah kebijakan.

Bab IV. Penyusunan Rencana Aksi & Implementasi

Pada Bab IV ini berisi tentang pedoman penyusunan rencana aksi dari aspek lingkungan, produktivitas, stabilitas dan keadilan. Selain itu, juga dijelaskan terkait rencana implementasi seperti pembentukan kelembagaan multipihak hingga pembiayaan.

Bab V. Proses Pemantauan, Evaluasi & Pembinaan

Bagian kelima dari panduan perencanaan ini merupakan Pelaporan, Pemantauan, Evaluasi dan Pembinaan yang menjelaskan tentang instrumen yang komprehensif berdasarkan pedoman Rencana Aksi & Implementasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan agar dapat termonitor dengan baik.